Jateng Siap Menyambut Peraturan Pertandingan Pencak Silat Terbaru

DR.Rony Syaifullah sedang menjelaskan peraturan pertandingan PERSILAT

asad.or.id, Kudus – Sebanyak 44 orang pesilat dari 10 Perguruan pencak silat di Kabupaten Kudus mengikuti Webinar dan Sosialisasi Peraturan Pertandingan Pencak Silat 2020 yang diselenggarakan oleh Pengprov IPSI Jateng. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula gedung Universitas Muhammadiyah Kudus. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan dari perguruan PERSINAS ASAD, Tapak Suci, IKS, Bangau Ruyung, Garuda Nusantara, PSHT, Cipta Sejati, Pedang Mustika, Pagar Nusa dan Putra Setia pada Senin, (21/2/2022).


Dalam sambutannya Ketua Pengprov IPSI Jateng Hari Nuryanto mengatakan, dengan adanya peraturan pertandingan pencak silat terbaru ini, diharapkan para pelatih dan wasit juri Jawa Tengah bisa segera beradaptasi dengan peraturan terbaru ini.


Sebagai pemateri dalam Webinar yang diikuti oleh pengurus pengprov IPSI Jateng, pelatih dan wasit juri se-Jawa Tengah ini adalah DR.Indro Catur, M.Pd dan DR. Rony Syaifullah, M.Pd yang keduanya merupakan Pelatih Timnas. Setelah pemamaran materi peraturan pertandingan dilanjutkan diskusi yang selanjutnya dari hasil diskusi ini akan di bawa ke kongres PERSILAT bulan Juli 2022 di Jakarta. Selain kategori tanding, diulas juga kategori seni yang mana untuk seni ada tambahan 1 jenis kategori, selain tunggal, ganda dan regu yaitu solo kreatif.


Sementara itu di tempat terpisah ,ketua lembaga pelatih IPSI Pengprov Jateng Haris Nugroho menambahkan “Dengan adanya peraturan baru menurutnya adalah hal yang biasa, dimana didalam pencak silat ada pegangan, tarikan, pukulan, tendangan, sikuan dan lain lain, dia berharap Pelatih di Jawa tengah dapat melakukan analisis yang dibutuhkan atlit,” ujarnya


Senada dengan Haris, Ketua Lembaga Wasit Juri IPSI Kabupaten Kudus Sugito menambahkan bahwa acara ini sangat bermanfaat sekali, karena selama ini para pelatih, atlit dan wasit bertanya tanya apa saja perubahan yang terjadi dalam peraturan pertandingan yang sampai saat ini belom di sosialisasikan.

perubahan pada wasit juri


Di akhir acara, ketua IPSI Kab. Wonogiri sekaligus Sekretaris PB PERSINAS ASAD Weda Hendragiri, S.Pd menyampaikan, dengan telah disosialisasikannya peraturan baru di Jateng ini, maka para pelatih serta Wasit harus mau meningkat dan menerima perubahan yang ada, dan segera mengambil Langkah langkah yang tepat dalam peningkatan kualitas pesilatnya.
wd_lines

One thought on “Jateng Siap Menyambut Peraturan Pertandingan Pencak Silat Terbaru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *