Persilat Terapkan Peraturan Baru dalam Pertandingan Pencak Silat

asad.or.id, Malaka – Persekutuan Pencak Silat Antarabangsa (Persilat) menggelar kegiatan International Wasit Juri Upgrading Class III. Kegiatan ini dilaksanakan pada 22 hingga 25 Juli 2022 bertempat di Hotel Mitchotel Malaka – Malaysia. Upgrading Wasit Juri Kali ini diikuti oleh 84 Perserta dari beberapa negara diantaranya Malaysia sebagai tuan rumah, Indonesia, Singapore, Brunai, Philippine, Thailand, Vietnam, India, Amerika, Suriname, Nederland.

Upgrading Wasit Juri ini bersamaan dengan 19th World Penck Silat Championship 2022 ITO Refreser Jelang Kejuraan Dunia Pencak silat yang dilaksanakan pada 26-31 Juli 2022

Dalam kesempatan tersebut DR. Sheik Alau’ddin, menyampaikan bahwa adanya peraturan pertandingan baru ini untuk mengakomodir Teknik-teknik yang dimiliki oleh masing-masing Perguruan Pencak Silat dengan tetap mengutamakan keamanan bagi pesilat.

Tidak hanya Teknik-teknik baru yang diperbolehkan dalam Pencak Silat, dalam segi penilaian untuk katagori tanding jenis serangan tangan diberikan nilai satu, serangan kaki diberikan nilai dua dan jatuhan diberikan  nilai tiga. serta dalam penjurian hanya dinilai oleh 3 orang juri dengan system majority. Berbeda dengan katagori TGR dan Solo Creative dinilai oleh 10 orang juri dengan penilaian secara digital.

Wasit Juri Internasional dari PERSINAS ASAD bersama Teddy Suratmadji Sekjen Persilat

Menurut salah satu peserta upgrading Wasit Juri, Abdul Wahid Asal Indonesia dari Perguruan PERSINAS ASAD menyampaikan ada 13 peserta perwakilan dari Indonesia sedikit terkendala dalam berkomunikasi/Bahasa.

“Dalam Uprading ini kami sedikit mengalami kendala dalam hal komunikasi, namun kami masih bisa menerima dan memahami materi yang disampaikan,”. Ungkap Wahid Saat dihubungi melalui jaringan seluler.

Tidak hanya Abdul Wahid asal Jawa Barat Wasit Juri dari Perguruan PERSINAS ASAD yang mengikuti Upgrading Wasit Juri Persilat, ada 3 orang lain diantaranya  Triyono asal Bengkulu, Lukman Abidin asal Sul-Sel dan Agus Turino asal Lampung.

Upgrading kali ini bertujuan untuk mensosialisasikan peraturan pertandingan terbaru tahun 2022, dengan harapan dengan penerapan peraturan baru cabang olehraga Pencak Silat bisa masuk ke olimpiede.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *