Wakili SMKN 1 Sentani, Atlet Persinas ASAD Juara O2SN Pencak Silat se-Papua

Kota Jayapura – Dinas Pendidikan Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPPAD) Provinsi Papua menggelar lomba pembinaan minat, bakat dan kreativitas siswa, yang dibuka secara langsung oleh Kepala DPPAD Papua, Lukas Christian Sohilait pada Senin 19 Juni 2023.

Peserta yang mengikuti lomba minat, bakat dan kreativitas ini berasal dari 8 kabupaten dan 1 kota di Provinsi Papua Induk yang akan berlangsung pada 20 Juni-14 Juli 2023.

Lomba yang berlangsung di Kota Jayapura tersebut mengusung tema ‘Bersama Talenta Vokasi Berprestasi, Melangkah Pasti Membangun Negeri’.

Dalam kejuaraan kali ini Cabor Pencak Silat dihelat selama dua hari dari tanggal 20-21 Juni 2023 di Aula Hotel Horison Abepura dengan mengikutsertakan beberapa peserta O2SN dari SMK dan O2SN SMP kategori putra dan puteri tingkat Provinsi Papua tahun 2023.

Dalam kesempatan ini salah satu atlet Persinas ASAD Nur Rohim Ramadhan yang mewakili SMK N 1 Teknologi Rekayasa Sentani Kabupaten Jayapura mengikuti ajang O2SN SMK cabor Pencak Silat kategori putra 51-55 Kg berhasil meraih juara satu.

Kepala DPPAD Papua, Lukas Christian Sohilait saat pembukaan mengatakan program pembinaan minat, bakat dan kreativitas tingkat Provinsi Papua merupakan agenda rutin setiap tahun.

“Ini merupakan agenda rutin tahunan, nantinya peserta yang menang akan mewakili Provinsi Papua pada perlombaan yang sama tingkat nasional,” ungkapnya.

“Tema kita tahun 2023 ini Bersama Talenta Vokasi Berprestasi, Melangkah Pasti Membangun Negeri. Ini merupakan satu semangat bagi anak-anak untuk memberikan yang terbaik bagi negeri tercinta,” ujarnya.

Ia mencatat, ada 6 jenis perlombaan yakni Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) dan Lomba Kreativitas Siswa (LKS), lalu debat bahasa asing (Bahasa inggris, Jepang, Jerman, Mandarin dan Korea), karya tulis ilmiah dan kewirausahaan siswa SMK.

”Untuk mata lomba O2SN dan FL2N bagi siswa SD juga SMP, serta karya tulis Ilmiah bagi siswa SMA. Lalu, siswa jenjang SMK untuk lomba O2SN, FLS2N, LKS, debat bahasa asing,  lomba karya tulis Ilmiah dan lomba kewirausahaan,” terangnya.

Ia berharap kegiatan dapat menyalurkan serta menampilkan kompetensi dan keterampilan siswa melalui festival dan perlombaan. “Dalam setiap perlombaan apa pun yang utama ialah menjunjung tinggi nilai sportivitas,” pesanya. *(dew)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *