PERSINAS ASAD Bekali Pendekar dengan Ilmu Jurnalistik

asad.or.id, Jakarta (19/02) – Pegurus Besar PERSINAS ASAD mengadakan DIKLAT KILAT Jurnalistik bagi Bidang Promosi dan Pemasaran Provinsi. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring yang diikuti oleh lebih dari 60 titik Zoom tersebar dari berbagai wilayah se-Indonesia, pada hari Sabtu, (19/02/2022).

Sebuah berita bisa sampai kepada masyarakat itu melalui media publikasi, sebagai Tupoksi Bidang Promsar salah satunya adalah publikasi maka perlunya keilmuan Jurnalistik. dengan adanya pemberitaan kegiatan PERSINAS ASAD akan memperbanyak kawan dan teman melalui media publikasi. Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Umum Pengurus Besar PERSINAS ASAD H. Kayat Sukayat, S.Pd. saat membuka Diklat Jurnalistik secara online.

“Sekecil apapun kegiatannya supaya dibuat menjadi sebuah berita yang menarik”. Ujar Kayat disela-sela perjalananan menuju Provinsi Kalimantan Utara.

Sementara itu Pembina Pokja Publikasi dan Humas PB PERSINAS ASAD Ludhi Cahyana memaparkan bagaimana cara mudah membuat sebuah berita dengan kaidah jurnalistik yang benar. Mulai dari riset, wawancara dan menulis berita hasil wawancara dengan tahapan membuat judul berita, lead, tubuh berita serta penutup.

“Menulis berita berbeda dengan menulis laporan. Berita itu ada informasi yang kita petik dan ada manfaat dari isi berita”. Papar Ludhi Cahyana.

Ludhi Cahyana (kiri) dan Nurdiyanto Khoir (Kanan) Pemateri Diklat Jurnalistik

Senada dengan Ludhi, pemateri Foto Jurnalistik Nurdiyanto Khoir menyampaikan bahwa dalam liputan  harusnya koordinasi dengan panitia setempat serta mengetahui mana tokoh yang akan difoto dan menentukan/menempatkan diri untuk mendapat sport pengambilan foto yang bagus.

“Kita harus menjadi pelaku yang mendokumentasikan sejarah, jadi jangan ingin masuk didalam foto”. Ucap Khoir

Diakhir acara Wakil Sekretaris PB PERSINAS ASAD Eko rosyid berharap dari hasil pelatihan ini Provinsi yang melaporkan kegiatannya dapat terdokumentasi dengan baik serta diberikan keterangan berita yang jelas sesuai dengan kaidah jurnalistik.

Soleh Depertemen Promosi dan Pemasaran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *