Cetak Pesilat Berprestasi, PERSINAS ASAD Sleman Gelar Sembada Cup

SLEMAN – Bertempat di Aula Kalurahan Donokerto Turi Sleman, PERSINAS ASAD Kabupaten Sleman gelar kejuaraan tingkat kabupaten bertajuk Sembada Cup yang berlangsung Sabtu-Minggu (8-9/10/2022).

Sembada Cup adalah event yang digelar tiap tahun. Tahun 2022 ini sudah memasuki edisi yang ke-3. Event yang sebelumnya digelar tahun 2018 dan 2019, sedangkan tahun 2020 dan 2021 tidak diselenggarakan karena pandemi.

Turut hadir dalam upacara pembukaan, Ketua Pengprov PERSINAS ASAD Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Kapten (Purn) TNI H Sardjiman, Pembina Pengkab PERSINAS ASAD Kabupaten Sleman H Eka Budiyana SPd, Ketua Pengcam PERSINAS ASAD se-Kabupaten Sleman, Ketua IPSI Kabupaten Sleman Ir R Hadi Hargana, perwakilan dari Perguruan Tapak Suci, Perguruan Merpati Putih, Perguruan POPSI Bayu Manunggal, Perguruan PSHT, Perguruan Satria Tama, Perguruan SH Pilang Bangau, Polsek Kapanewon Turi, serta Kepala Desa Donokerto Turi.

Dalam sambutan pembukaan Ketua PERSINAS ASAD Kabupaten Sleman H Nur Ridho mengatakan event ini merupakan ajang pemanasan dan melatih mental bagi atlet pemula. Ia berharap dengan event Sembada Cup ini bisa memunculkan atlet-atlet pencak silat yang berprestasi dan berkarakter luhur.

Sementara Pembina PERSINAS ASAD Kabupaten Sleman H Eka Budiyana SPd menegaskan pentingnya akhlak dan sportivitas bagi atlet-atlet muda. “Saat atlet menang tentu harus bersyukur kepada Allah, tetapi kalau kalah tentu harus menerima kekalahan dengan lapang dada,” pesannya.

Ia juga menegaskan pada para atlet PERSINAS ASAD tidak dikenalkan rokok, karena rokok mengganggu kesehatan. “Maaf atlet tidak kami kenalkan rokok, kalau ada atlet PERSINAS ASAD ketahuan merokok ‘lepas baju’,” tegasnya.

Di kesempatan yang sama Ketua IPSI Kabupaten Sleman Ir R Hadi Hargana mengungkapkan banyak atlet dari PERSINAS ASAD yang berprestasi. “PERSINAS ASAD sudah banyak sumbangsihnya untuk IPSI Kabupaten Sleman. Banyak atlet-atlet PERSINAS ASAD yang berprestasi, di kejuaraan-kejuaraan baik tingkat kabupaten maupun provinsi,” ujarnya.

Event Sembada Cup ke-3 tahun 2022 ini diikuti 123 atlet dari 13 Pengcam se-Kabupaten Sleman dari kelompok umur usia dini, usia pra remaja dan usia remaja. Dengan mempertandingkan kategori tanding dan kategori seni tunggal IPSI. Kategori tanding terdiri dari 103 partai 17 kelas. Sementara kategori seni tunggal IPSI terdiri dari 6 atlet. Akhir dari event Sembada Cup ke-3 ini keluar sebagai juara umum dari Pengcam Kalasan.

Di akhir acara, Lembaga Kepelatihan PERSINAS ASAD Kabupaten Sleman Rahmat Ibnu Said berpesan kepada para atlet dan pelatih yang ada di Pengcam. “Para atlet harus tetap semangat jangan kendor untuk terus meningkatkan kualitas teknik, harus lebih giat berlatih fisik juga walaupun teknik bagus kalau tidak didukung fisik yang kuat bisa mempengaruhi performa saat pertandingan,” ujarnya.

Ibnu juga berpesan untuk para pelatih Pengcam. Karena pelatih dituntut harus aktif dan kreatif dalam mengembangkan dan memaksimalkan teknik. “Jangan mudah puas dengan atlet yang bisa juara dan jangan menyerah kalau lawan atletnya lebih bagus,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *