Dua Pesilat PERSINAS ASAD Lampung Lolos Ikuti Pra-PON

Asad.or.id, Bandarlampung (19/03) – Menghadapi babak kualifikasi atau prakualifikasi Pekan Olahraga Nasional (Pra – PON). Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Provinsi Lampung, menggelar seleksi pesilat hasil dari Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2022 pada minggu, 19 Maret 2023 di Padepokan Pencak Silat IPSI Lampung Pahoman Bandarlampung.

Sekretaris Umum IPSI Lampung Riagus Ria, seleksi yang dilakukan sesuai dengan program kerja, meski para pesilat yang mengikuti seleksi adalah para juara dan peraih medali di Porprov Lampung IX/2022 lalu. Hal itu dilakukan agar pesilat yang tampil di Pra-PON dan Kejurnas nanti, adalah pesilat-pesilat terbaik yang benar-benar siap untuk bertanding.

“Seleksi diadakan untuk menghadapi Pra-PON, ada 3 tim yang kami seleksi, yaitu para juara satu medali emas Porprov di tim A, kemudian di Tim B adalah peraih medali perak atau juara kedua Porprov, sedangkan tim C hasil pemantauan kami, baik dalam pelaksanaan Porprov maupun kejuaraan daerah lainnya,” kata Riagus.

Lebih lanjut dia menjelaskan, seleksi yang berlangsung satu hari tersebut menggunakan sistem sirkuit dan poin, dimana para pesilat bertanding saling bertemu, sehingga hasil yang mereka harapkan benar-benar terbaik, bukan itu saja, atlet yang bertanding di Porprov saling mengalahkan, akan kembali saling mengalahkan di seleksi kali ini.

“Para pesilat tersebut berasal dari Kabupaten/Kota,  ada satu kesepakatan kami Pengprov IPSI Lampung, kabupaten/Kota terbanyak meloloskan pesilatnya, maka pelatihnya akan masuk dalam tim, harapannya mereka bisa lebih membantu dalam persiapan tim menghadapi Pra-PON dan PON,” lanjut Riagus.

Pada seleksi kali ini 2 pesilat PERSINAS ASAD berhasil masuk Tim Pra-PON, pada kesempatan tersebut Ketua Pengprov PERSINAS ASAD Lampung Iswahyudi memberikan apresiasi bagi kedua pesilat tersebut seraya mengharapkan keduanya bisa lolos ke tingkat selanjutnya mewakili Lampung pada PON XXI di Aceh-Sumut.

“Ini pencapaian luar biasa bagi prestasi pesilat PERSINAS ASAD Lampung bisa mewakili daerahnya,“ pungkas Iswahyudi. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *